Saturday, June 4, 2011

Akhirnya Simoncelli Merebut Pole Position

Catalunya - Marco Simoncelli mematahkan Dominasi Casey Stoner di sesi persiapan menuju balapan MotoGP Catalunya. Ia mengalahkan rider Australia itu di menit terakhir kualifikasi untuk merebut pole position.

Sampai menjelang sesi berakhir, Sabtu (4/6/2011), Stoner tampak akan memenangi pula babak penentuan posisi start, sebagaimana ia selalu menjadi yang tercepat di tiga sesi latihan bebas atau free practice.

Akan tetapi, pada lap terakhirnya Simoncelli mampu menyodok catatan waktu yang dibuat Stoner. Pembalap Italia dari tim San Carlo Gresini Honda itu melejit lebih cepat dengan satu menit 42,413 detik, atau unggul hanya 0,016 detik dari Stoner.

Stoner harus puas start di urutan kedua pada balapan hari Minggu besok, persis di dekat Jorge Lorenzo yang menduduki tempat ketiga.

Pertarungan Stoner-Lorenzo akan sangat menarik mengingat keduanya adalah pembalap teratas di klasemen sementara. Stoner, walaupun sudah memenangi dua seri, masih terpaut 12 poin dari Lorenzo, yang baru menang satu kali tapi lebih konsisten naik podium.

Rekan Lorenzo di tim Yamaha, Ben Spies, mengekor di posisi keempat, diikuti Andrea Dovizioso dan Cal Crutchlow. Si legendaris Valentino Rossi hanya berada di tempat ketujuh di depan rekan Ducati-nya, Nicky Hayden.

Insiden menarik terjadi pada Karel Abraham. Ia sempat terjatuh di lap pertama, mengalami cedera pergelangan tangan, tapi 20 menit kemudian keluar lagi dari garasi timnya dan kembali beraksi.

Hasil kualifikasi MotoGP Catalunya:

1. Marco Simoncelli 1:42.413 (q)
2. Casey Stoner +00.016
3. Jorge Lorenzo +00.315
4. Ben Spies +00.329
5. Andrea Dovizioso +00.336
6. Cal Crutchlow +00.789
7. Valentino Rossi +00.810
8. Nicky Hayden +00.815
9. Alvaro Bautista +01.034
10. Hector Barbera +01.243
11. Hiroshi Aoyama +01.321
12. Randy de Puniet +01.351
13. Loris Capirossi +01.655
14. Toni Elias +02.097
15. Karel Abraham +03.248

Sumber : Detiksport

Stoner Merajai Sesi Latihan Ke III

Catalunya - Casey Stoner berhasil menyapu bersih sesi latihan bebas MotoGP Catalunya. Pembalap Honda ini lagi-lagi sukses mencatatkan waktu yang tercepat di latihan bebas terakhir mengalahkan Jorge Lorenzo.

Dalam latihan ketiga yang berakhir Sabtu (4/6/2011) sore WIB, Stoner membukukan waktu terbaik dengan satu menit 42,691 detik. Juara dunia 2007 ini lebih cepat 0,122 detik dari Lorenzo yang berada di tempat kedua.

Peforma Marco Simoncelli menurun dari dua sesi latihan sebelumnya dan kini harus puas di urutan ketiga dengan waktu satu menit 43,130 detik.

Ben Spies tampil konsisten dengan berada di urutan keempat dan Andrea Dovizioso juga tidak beranjak dari posisi kelima.

Valentino Rossi yang menggeber motor Ducati belum menunjukkan performa oke dan cuma mampu mencatatkan waktu tercepat kedelapan di belakang Nicky Hayden dan Cal Crutchlow.


Hasil Free Practice III MotoGP Catalunya

Pos-Pembalap-Tim-Waktu-
Pos Rider Team/Bike Time
 1. Casey Stoner Honda 1m42.691s
 2. Jorge Lorenzo Yamaha 1m42.813s + 0.122s
 3. Marco Simoncelli Gresini Honda 1m43.130s + 0.439s
 4. Ben Spies Yamaha 1m43.478s + 0.787s
 5. Andrea Dovizioso Honda 1m43.628s + 0.937s
 6. Nicky Hayden Ducati 1m43.669s + 0.978s
 7. Cal Crutchlow Tech 3 Yamaha 1m43.883s + 1.192s
 8. Valentino Rossi Ducati 1m44.364s + 1.673s
 9. Loris Capirossi Pramac Ducati 1m44.457s + 1.766s
10. Alvaro Bautista Suzuki 1m44.504s + 1.813s
11. Karel Abraham Cardion Ducati 1m44.510s + 1.819s
12. Randy de Puniet Pramac Ducati 1m44.541s + 1.850s
13. Hiroshi Aoyama Gresini Honda 1m44.642s + 1.951s
14. Hector Barbera Aspar Ducati 1m44.762s + 2.071s
15. Toni Elias LCR Honda 1m44.963s + 2.272s

Sumber : Detiksport

Friday, June 3, 2011

Colin Edwards Jatuh Saat Latihan Bebas

Barcelona - Colin Edwards dipastikan tidak bisa tampil di lomba MotoGP Catalunya, Minggu (5/6/2011). Pembalap Yamaha Tech3 itu mengalami patah tulang selangka usai jatuh di latihan.

Kejadian tersebut berlangsung di sesi latihan bebas kedua di Sirkuit Catalunya, Jumat (3/6). Kondisi sirkuit yang baru saja diguyur hujan mulai mengering dan di 15 menit terakhir para pembalap mulai memakai ban slick.

Edwards sudah melewati satu putaran dengan ban slick itu, namun di tikungan 5 ia terjatuh dengan keras. Pembalap Amerika itu segera ditolong marshall dan dibawa ke pusat kesehatan.

Setelah dilakukan pemeriksaan, diketahui Edwards mengalami patah tulang selangka kanan. Hal itu membuatnya dipastikan absen dari balapan.

"Sial karena Colin mengalami patah tulang selangka kanan dan ini menyedihkan buatnya dan tim karena kami yakin dia akan tampil bagus dan kompetitif akhir pekan ini," sesal manajer Yamaha Tech3, Herve Poncharal, di situs resmi MotoGP.

"Dia harus membayar mahal untuk kesalahan kecilnya. Dia mendarat dengan keras di bahu dan dari tv kita lihat jelas kalau dia sangat kesakitan," urai Poncharal lagi.

Edwards, kini 37 tahun, akan menjalani operasi pada Sabtu (4/6). Belum diketahui kapan Edwards bakal kembali ke lintasan.

"Besok pagi dia akan menjalani operasi, jadi kita baru akan tahu seberapa lama pemulihannya setelah akhir pekan ini. Yang penting sekarang dia istirahat dan melakukan pemulihan secepatnya," kata Poncharal.



Sumber : Detiksport

Hari Pertama Stoner Tercepat Di Catalunya

Catalunya - Casey Stoner mengulangi catatan di sesi latihan bebas pertama. Pada sesi latihan bebas yang kedua di Catalunya, ia kembali menjadi yang tercepat.

Stoner menorehkan catatan 1:42,940 detik pada sesi latihan bebas kedua ini, Jumat (3/4/2011) malam WIB. Catatan itu melampaui catatan sebelumnya di sesi free practice I, 1:43.918 detik.

Sesi latihan bebas kedua ini berlangsung di atas trek yang sudah mulai kering dari hujan yang mengguyur sejak pagi. Di belakang Stoner, tampil pembalap Gresini Honda, Marco Simoncelli, sebagai pembalap tercepat kedua.

Simoncelli tertinggal sekitar setengah detik di belakang Stoner. Sementara itu, Andrea Dovizioso tampil sebagai pembalap tercepat ketiga dengan selisih waktu 0,6 detik di belakang Stoner.

Jorge Lorenzo tampil sebagai pembalap tercepat keempat dengan catatan waktu 1:43,810 detik. Itu artinya ia tertinggal 0,870 detik di belakang Stoner.

Sedangkan Valentino Rossi menjadi pembalap tercepat keenam. Pembalap asal Italia itu menorehkan catatan waktu. 1:44,944 detik.

Hasil Free Practice II

1. Casey Stoner Honda 1:42,940
2. Marco Simoncelli Gresini Honda 1:43,468 + 0,528
3. Andrea Dovizioso Honda 1:43,603 + 0,663
4. Jorge Lorenzo Yamaha 1:43,810 + 0,870
5. Ben Spies Yamaha 1:44,859 + 1,919
6. Valentino Rossi Ducati 1:44,944 + 2,004
7. Cal Crutchlow Tech 3 Yamaha 1:45,136 + 2,196
8. Hiroshi Aoyama Gresini Honda 1:45,666 + 2,726
9. Nicky Hayden Ducati 1:45,715 + 2,775
10. Alvaro Bautista Suzuki 1:45,751 + 2,811
11. Toni Elias LCR Honda 1:45,760 + 2,820
12. Randy de Puniet Pramac Ducati 1:46,126 + 3,186
13. Karel Abraham Cardion Ducati 1:46,280 + 3,340
14. Loris Capirossi Pramac Ducati 1:46,366 + 3,426
15. Hector Barbera Aspar Ducati 1:46,501 + 3,561
16. Colin Edwards Tech 3 Yamaha 1:51,512 + 8,572



Sumber : Detiksport

Tuesday, May 31, 2011

Biodata Casey Stoner

Casey Stoner 

Kebangsaan · Australia
lahir · 16 Oktober 1985 
debut grand prix · 2001
 

Salah satu generasi baru muda dari pelari depan Grand Prix, sekarang dengan menang dalam tiga kategori, seluruh hidup 21 tahun Casey Stoner telah tentang bersaing dengan sepeda motor, sehingga seluruh keluarganya pindah ke Inggris ketika ia hanya empat belas. Itu berhasil dengan naik GP penuh waktu di enam belas, dan dengan kemenangan pertamanya setahun kemudian. Pada tahun 2005, Casey berpacu melawan Dani Pedrosa untuk gelar 250cc, yang pergi ke Spanyol, dan pertanyaan tentang mana yang mereka akan dinobatkan pertama di kelas terbesar kini telah diselesaikan tegas mendukung Casey
1989Pertama 50cc sepeda mini bermotorku
1990Dibuat di bawah-9 kotoran trek balap debut
1991-1999judul pertama Australia dalam pelacakan kotoran SMP, 1991; di dekade ia akan mengambil judul 70 negara dan 41 gelar nasional di jalur tanah dan kategori balap trek panjang
2000Pindah ke Inggris untuk debut road racing, menjuarai Aprilia RS125 Challenge, juga berlari di kejuaraan 125cc Inggris, mengambil sama 12 dengan kedua tiga kali pada akhir musim, naik Honda, Honda berlari dua kali dalam kejuaraan 125cc Spanyol, mencetak gol kelima di Albacete, dan yang terlihat oleh pemenang GP Alberto Puig
20012 di kejuaraan 125cc Inggris, dengan nomor 48 Honda - tujuh menang, tapi luput putaran karena jadwal di Spanyol; 2 di kejuaraan 125cc Spanyol, setidaknya dua kemenangan, naik untuk Puig dengan Tim Telefónica Movistar Honda, dua kali 125cc Grand Prix wildcard dengan nomor 73 Honda - 12 di Australia
2002 Safilo Oxydo Race - LCR, nomor 27 ApriliaCasey bergabung dengan Lucio Cecchinello untuk pertama musim penuh Grand Prix, di kelas 250cc. Mulai dari baris kedua dari grid empat kali, hasil terbaik yang kelima di Brno, dan ada 3 / 6 dan jumlah 68 poin, untuk posisi kedua belas keseluruhan
2003 Safilo Oxydo - LCR, nomor 27 ApriliaUntuk tahun 2003, Stoner beralih ke seri GP 125cc, tetapi dengan tim yang sama, finishing kedelapan secara keseluruhan. podium pertamanya datang dengan kedua di Jerman, putaran sembilan, dan dia cocok hasil ini dua kali sebelum menang di Valencia di perlombaan terakhir tahun ini. Dia mencetak satu posisi kutub, dua lap tercepat, dan 125 poin total
2004 Red Bull KTM, nomor 27 KTMCasey bertukar tim untuk bergabung dengan KTM di kelas 125, sebagai tim masuk ke tahun kedua GP mereka. Atas lima selesai di tujuh putaran pertama membuatnya penantang gelar, tapi maka kemajuan berhenti cedera. Namun, ia kembali untuk mengambil KTM kemenangan pertama di Malaysia, dan kelima secara keseluruhan dengan lima podium lainnya, dan 145 poin. Seperti halnya posisi tiang tunggal, ia memenuhi syarat kedua kali dan ketiga enam kali, juga mengambil satu lap tercepat 

2005 Carrera Sunglasses - LCR, nomor 27 ApriliaItu kembali ke Cecchinello, Aprilia dan 250S untuk tahun 2005, dengan Stoner penantang judul untuk Honda Dani Pedrosa. Australia mengambil lima kemenangan dan lima podium lainnya, dua tiang dan lap tercepat. Beberapa no-skor menjatuhkannya 55 poin di atas Pedrosa, kedua secara keseluruhan dengan 254 poin
2006 Honda LCR, nomor 27 Hondatim yang dibentuk Lucio Cecchinello's dibuat bergerak ke atas ke kelas MotoGP untuk pertama kalinya, dengan mesin Honda 990cc untuk Casey dalam operasi pengendara satu. Meskipun ia berhasil crash beberapa kali, ia membuat kesan yang kuat dan posisi pertama tiang itu datang sebagai awal babak kedua - kali keluar ia selesai kedua, dalam lomba Turki. Sepuluh Hasil skoring kebanyakan di enam besar, dan 119 poin menempatkannya kedelapan dalam tabel
2007 Ducati Marlboro Team, nomor 27 DucatiStoner telah menjadi kelima Ducati's full-time bekerja rider di seri MotoGP, pada mesin 800cc yang baru, dan disesuaikan dengan mulai menang untuk konstruktor Italia. Setelah delapan menang dan semua hasil enam besar, Casey sepatutnya orang top di seri, di Jepang memberikan Ducati pertama gelar Grand Prix setelah bertahun-tahun kesuksesan Superbike.

Monday, May 30, 2011

Biodata Valentino Rossi

Tanggal Lahir: 16/02/1979
    
Tempat lahir: Urbino, ITA
    
Pertama Grand Prix: 1996 MAL 125cc
    
Posisi Pole Pertama 1996 CZE 125cc
    
Pertama Lap Tercepat Race 1996 FRA 125cc
    
Podium Pertama 1996 AUT 125cc
    
Pertama GP Victory 1996 CZE 125cc
    
Mulai Grand Prix 122
    
Mulai 500cc/MotoGP 62
    
Mulai 30 250cc
    
Mulai 30 125cc
    
Grand Prix Kemenangan 57
    
Kemenangan 500cc/MotoGP 31
    
Kemenangan 250cc 14
    
Kemenangan 125cc 12
    
2 Penempatan 19
    
3 penempatan 12
    
Podium 88
    
Pole Positions 26
    
Lap Tercepat Race 54
    
Kejuaraan Dunia Wins 5-1997 125cc - 1999 250cc - 2001 500cc - 2002 MotoGP - 2003 MotoGP
    
Total Poin 2138
Lahir 16 Februari 1979 di Urbino. Anak Graziano Rossi, yang ketiga dalam tahun 1979 250cc World Championship pada Morbidelli. Memulai karir balap tahun 1990 di kompetisi mini-moto. Pada tahun 1993 membuat debut dengan Cagiva di kejuaraan Italia Produksi Sport 125cc, mengambil kemenangan pertama di musim rookie dan memenangkan gelar pada tahun 1994.
Pada tahun 1995 kontes Kejuaraan Eropa sebagai pengendara Aprilia resmi, menyelesaikan musim di tempat ketiga. Mempertahankan mahkota Kejuaraan Italia 125cc nya.
GP KARIR

    
1996: World Championship debut di GP Malaysia 125cc menggunakan Aprilia tim Scuderia AGV. Posisi akhir di kejuaraan: 9 dengan 111 poin - 1 kemenangan: Republik Ceko.
    
1997: Juara termuda kedua yang pernah 125cc mengendarai Aprilia di Nastro Azzuro Team. Posisi akhir di kejuaraan: 1 dengan 321 poin - 11 kemenangan di: Malaysia, Spanyol, Italia, Perancis, Belanda, Imola, Jerman, Brasil, Inggris, Catalunya dan Indonesia.
    
1998: Bergerak sampai kelas 250cc mengendarai Aprilia di Nastro Azzuro Team. Posisi akhir di kejuaraan: 2 dengan 201 poin - 5 kemenangan di: Belanda, Imola, Catalunya, Australia dan Argentina.
    
1999: Menjadi termuda yang pernah Juara Dunia 250 naik untuk Aprilia Grand Prix Racing. Posisi akhir di kejuaraan: 1 dengan 309 poin - 9 kemenangan di: Spanyol, Italia, Catalunya, Inggris, Jerman, Republik Ceko, Australia, Afrika Selatan dan Brasil.
    
2000: Pindah ke kelas 500cc mengendarai Honda untuk tim Nastro Azzuro. Posisi akhir di kejuaraan: 2 dengan 209 poin - 2 kali menang di Inggris dan Brasil
    
2001: Membawa Dunia Kejuaraan 500cc mengendarai Honda untuk tim Nastro Azzuro. Posisi akhir di kejuaraan: 1 dengan 325 poin. - 11 kemenangan di: Jepang, Afrika Selatan, Spanyol, Catalunya, Inggris, Republik Ceko, Portugal, Pasifik, Australia, Malaysia dan Brasil.
    
2002: Menang revisi format MotoGP World Championship mengendarai semua baru empat langkah Honda RC211V untuk Repsol Honda Team. Posisi akhir di kejuaraan: 1 dengan 355 poin -11 kemenangan di: Jepang, Spanyol, Perancis, Catalunya, Italia, Belanda, Inggris, Jerman, Portugal, Brasil dan Australia.
    
2003: Wins kedua Kejuaraan Dunia MotoGP untuk Repsol Honda Team. Posisi akhir di kejuaraan: 1 dengan 307 poin setelah 14 dari 16 putaran. 7 menang sejauh ini: Jepang, Spanyol, Italia, Republik Ceko, Portugal, Rio dan Malaysia.
Catatan Lainnya

    
Pada tahun 2001 Rossi menjadi pembalap termuda yang pernah memenangkan gelar dalam tiga kelas yang berbeda. Hanya dua pembalap lainnya untuk memenangi gelar dalam tiga kelas adalah Phil Read (125, 250, 500) dan Mike Hailwood (250, 350, 500).
    
Rossi pembalap termuda keempat yang pernah memenangkan gelar 500cc setelah Freddie Spencer, Mike Hailwood dan John Surtees.
    
Rossi adalah pembalap kedua yang pernah untuk memenangkan gelar kelas utama dengan dua-stroke dan mesin empat-stroke (2001 - Honda NSR500; 2002 - Honda RC211V). Yang pertama adalah Giacomo Agostini (1966-1972 - MV 500cc empat-stroke; 1975 500cc Yamaha dua-stroke).
    
Rossi adalah pembalap kedelapan yang memenangkan tiga atau lebih gelar kelas utama berturut-turut. Dia bergabung daftar terkenal yang juga termasuk Geoff Duke, John Surtees, Mike Hailwood, Giacomo Agostini, Kenny Roberts, Wayne Rainey, dan Mick Doohan.
Jalan ke Kejuaraan Dunia MotoGP 2003
Valentino Rossi mungkin hanya 24 tahun tapi sudah tingkat superstar Italia sebagai salah satu pembalap sepeda motor terbesar dalam sejarah. Muda, berbakat dan memesona luhur karismatik, Rossi tampaknya memiliki segalanya. Selama enam musim hanya ia telah menyapu melalui balap Grand Prix, memenangkan Kejuaraan Dunia di 125 1997, 250 di Kejuaraan Dunia '99 dan tahun 500 Kejuaraan Dunia terakhir. Musim lalu ia menuju serangan Honda di seri MotoGP tampilan baru, menunggang Repsol Honda RC 211V yang spektakuler, tenaga kuda 200, 5 silinder, sepeda motor empat-stroke. Kombinasi peledak telah memimpin tiga pemimpin ke judul baru Kejuaraan Dunia, yang pertama dari era MotoGP, dengan empat balapan tersisa sampai akhir musim.
Anak tujuh puluhan pemenang GP Graziano, yang memenangkan tiga 250 dokter pada tahun 1979, tahun kelahirannya, Rossi telah menghabiskan hampir semua hidupnya pada sepeda motor. Dia naik sepeda mini bermotornya pertamanya pada usia hanya dua setengah dan menghabiskan musim panas tahun-tahun awal perjalanan benua dengan ayah dan ibunya Stefania. Seperti kebanyakan olahragawan kontemporer sukses Rossi menemukan olahraga yang dipilihnya sejak awal kehidupan, meskipun ia mulai bersaing pada empat roda, balap go-kart. Namun biaya mulai serius pada empat roda terlalu besar untuk keluarganya, maka ia segera beralih kesetiaan kepada dua roda, sepeda mini bermotornya peserta acara pertama pada tahun 1990. Dimulai tema pembelajaran tahun pertama dan mendominasi kedua, yang ia terus ke 125, 250 dan 500 dokter, Rossi juara sepeda mini bermotornya Italia pada tahun berikutnya.
Pada usia 14 ia pindah ke hal-hal yang lebih besar, mengendarai sepeda Cagiva 125 jalanan di tahun 1993 Produksi Italia Sport Championship. Sekali lagi, ia memenangkan gelar tahun berikutnya dan dengan cepat masuk ke mesin naik Aprilia 125 GP di Kejuaraan '95 Italia dan Eropa.
Sekarang bakat mengendarai fenomenal itu menarik pemberitahuan nyata saat ia mendominasi seri nasional dan mengambil ketiga dalam kampanye pertama Euro nya. Rossi World Championship debut nya di GP Malaysia tahun 1996 dan naik podium pertamanya beberapa bulan kemudian. Dia memenangkan dunia putaran pertama di bulan Agustus itu's Ceko GP. Sekarang disposisi cerah dan tatanan rambut sapu bersih kepala tidak membuatnya menjadi favorit besar dengan fans. balap GP adalah bisnis yang serius tapi Rossi bisa bekerja keras seperti orang walaupun rupanya memperlakukan pekerjaannya sebagai sedikit tertawa. Itu mungkin adalah rahasia, karena ia selalu santai, selalu menikmati dirinya dan selalu sangat, sangat cepat.
Dipromosikan ke skuad pabrik Aprilia dia adalah favorit untuk memenangkan mahkota '97 125. Bahkan Rossi total mendominasi seri panik diperebutkan, memenangkan 11 dari 15 putaran.
Selanjutnya menghentikan '98 250 World Championship. Rossi kilat cepat dari awal pada RSW250 Aprilia, tetapi diberikan kepada kesalahan. Setelah beberapa Tumbang ia bertindak bersama-sama untuk mengambil menyapu bersih empat balapan terakhir untuk akhirnya keseluruhan kedua. Tidak ada yang bisa menghentikannya di '99 dan setelah mulai stabil ia pergi untuk memenangkan sembilan dari 14 balapan terakhir. Rossi menunjukkan bakat naik awesome, taktik cerdas dan konsistensi mengagumkan terhadap saingannya lebih berpengalaman, sehingga sekali lagi sudah saatnya untuk mencari tantangan lain.
Beliau memulai karirnya 500 di musim semi tahun 2000 dengan cara yang sama ia memulai karirnya 250 - cepat tetapi cacat. Namun setelah jatuh keluar dari dua balapan pertama ia memantapkan dirinya dan mendapat lebih cepat dan lebih cepat. Setelah mencetak gol pertama 500 podium di Spanyol pada bulan April, ia mengambil pertamanya 500 menang dalam kondisi lembab rumit di Inggris. Lebih podium di tiga balapan berikutnya telah dia menantang Kenny Roberts untuk memimpin seri tetapi jatuh di Valencia yang berakhir pada harapan gelarnya. Lain menang di Brasil konsolidasi kedua dalam kejuaraan.
Tidak mengherankan, Rossi masuk ke 2001 sebagai salah satu favorit untuk memenangkan yang terakhir yang pernah 500 mahkota. Dia mulai musim dalam gaya menyala, memenangkan tiga balapan pertama yang mendirikan memimpin kejuaraan mengesankan atas saingannya. Pertengahan seri 16-bulat ia telah memenangkan lima balapan tetapi jatuh di GP hujan-direndam May Italia dan perjalanan sulit untuk ketujuh di GP Jerman Juli diperbolehkan Max Biaggi untuk dekat dengan dalam sepuluh poin. Rossi menanggapi arch-rival's tekanan di gaya cemerlang, memenangkan enam dari tujuh balapan terakhir. Dia mendapatkan Kejuaraan Dunia dengan dua balapan tersisa dan musim total selama 11 menang memberinya persentase tertinggi tingkat menang dari setiap pembalap 500 modern-era, tepat di depan mentor Mick Doohan, pria yang memenangkan lima 500 mahkota di akhir tahun sembilan puluhan.
Kemudian datang musim 2002, tidak ada musim akan pernah lupa diberi wewenang yang ditunjukkan oleh bintang Italia serta oleh Repsol Honda Team di kelas MotoGP baru. Valentino Rossi bergabung dengan tim Repsol Honda pabrik sebagai rekan setimnya dari Jepang Tohru Ukawa dan membuat salah satu musim paling mengesankan berkaitan dengan angka: 11 kemenangan dari 15 ras, 4 runner-up, 9 lap tercepat saat balapan, 7 tiang, 355 dari 375 poin yang tersedia dan 132 lap memimpin selama perlombaan. Angka-angka ini menegaskan kembali dengan tidak diragukan lagi superioritas ditunjukkan oleh Valentino Rossi sepanjang musim 2002.
Musim 2003 dengan Amerika Utara Nicky Hayden, pada tahun plonco MotoGP, seperti rekan setimnya di Repsol Honda Team, ternyata menjadi sedikit rumit untuk pengendara Italia. Valentino Rossi telah menginjak podium di setiap balapan Grand Prix empat belas diadakan begitu jauh dan, dengan dua balapan tersisa untuk akhir musim, dia sudah rekor tujuh kemenangan, lima runner-up dan dua tempat ketiga. Tahun ini, Rossi telah memulai 14 kali, dia telah menetapkan tujuh kutub, ia telah naik podium 13 kali dan dia telah menetapkan lap tercepat dalam sepuluh dari empat belas ras diadakan sejauh ini. Hingga saat ini, Italia telah mencetak 307 dari 375 poin yang tersedia, menjadi Juara Dunia untuk kelima kalinya, setelah memenangkan gelar pada tahun 1997, 1999, 2001 dan 2002.
angkuh gaya Rossi naik - sering disamakan dengan yang legendaris '93 500 juara Kevin Schwantz - hanya dikalahkan oleh persona off-track nya, yang tampaknya tidak terpengaruh oleh kenaikan-Nya ke status superstar bonafid. Di Italia ketenarannya telah mencapai proporsi bintang pop, memaksa dia untuk mendirikan rumah di London.
Dia sekarang banyak menghabiskan waktunya di ibukota Inggris, di mana ia memanjakan semangat untuk kehidupan malam yang menyenangkan-dikemas dan sibuk. Tapi Rossi suka menjaga kakinya kuat pada tanah, bergaul dengan teman-teman dia dikenal sejak TK daripada bekerja sirkuit selebriti. Dia pemutar video game tajam, pengendara motorcross dan driver rally - dia sudah berkompetisi di sejumlah ras dengan mobil reli dan dapat pindah ke waktu olahraga-penuh jika ia pernah ban sepeda

Sejarah MotoGP

Kejuaraan dunia untuk balap motor pertama kali di selenggarakan oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), pada tahun 1949. Pada saat itu secara tradisional telah di selenggarakan beberapa balapan di tiap even untuk berbagai kelas motor, berdasarkan kapasitas mesin, dan kelas untuk sidecars (motor bersespan). Kelas-kelas yang ada saat itu adalah 50cc, 125cc, 250cc, 350cc, dan 500cc untuk motor single seater, serta 350cc dan 500cc untuk motor sidecars. Memasuki tahun 1950-an dan sepanjang 1960-an, motor bermesin 4 tak mendominasi seluruh kelas. Pada akhir 1960-an, motor bermesin 2 tak mulai menguasai kelas-kelas kecil. Di tahun 1970-an motor bermesin 2 tak benar-benar menyingkirkan mesin-mesin 4 tak. Pada tahun 1979, Honda berusaha mengembalikan mesin 4 tak di kelas puncak dengan menurunkan motor NR500, namun proyek ini gagal, dan di tahun 1983 Honda bahkan meraih kemenangan dengan motor 500cc 2 tak miliknya. Pada tahun 1983, kelas 350cc akhirnya dihapuskan. Kelas 50cc kemudian digantikan oleh kelas 80cc di tahun 1984, tetapi kelas yang sering di dominasi oleh pembalap dari Spanyol dan Italia ini akhirnya ditiadakan pada tahun 1990. Kelas sidecars juga ditiadakan dari kejuaraan dunia di tahun 1990-an, menyisakan kelas 125cc, 250cc, dan kelas 500cc.

GP 500, kelas yang menjadi puncak balap motor Grand Prix, telah berubah secara dramatis pada tahun 2002. Dari pertengahan tahun 1970-an sampai 2001 kelas puncak dari balap GP ini dibatasi 4 silinder dan kapasitas mesin 500cc, baik jenis mesin 4 tak ataupun 2 tak. Akibatnya, yang mampu bertahan adalah mesin 2 tak, yang notabene menghasilkan tenaga dan akselerasi yang lebih besar. Pada tahun 2002 sampai 2006 untuk pertama kalinya pabrikan di ijinkan untuk memperbesar kapasitas total mesin khusus untuk mesin 4 tak menjadi maksimum 990cc,dan berubah menjadi 800cc di musim 2007.pabrikan juga diberi kebebasan untuk memilih jumlah silinder yang digunakan antara tiga sampai enam dengan batas berat tertentu. Dengan di bolehkannya motor 4 tak ber-cc besar tersebut, kelas GP 500 diubah namanya menjadi MotoGP. Setelah tahun 2003 tidak ada lagi mesin 2 tak yang turun di kelas MotoGP. Untuk kelas 125cc dan 250cc secara khusus masih menggunakan mesin 2 tak.

Balap untuk kelas MotoGP saat ini diselenggarakan sebanyak 17 seri di 15 negara yang berbeda (Spanyol menggelar 3 seri balapan). Balapan biasa di gelar setiap akhir pekan dengan beberapa tahap. Hari Jum’at di gelar latihan bebas dan latihan resmi pertama, kemudian hari Sabtu dilaksanakan latihan resmi kedua dan QTT, dimana para pembalap berusaha membuat catatan waktu terbaik untuk menentukan posisi start mereka. Balapan sendiri digelar pada hari Minggu, meskipun ada seri yang digelar hari Sabtu yaitu di Belanda dan Qatar. Grid (baris posisi start) terdiri dari 3 pembalap perbaris dan biasanya setiap seri balap diikuti oleh sekitar 20 pembalap. Balapan dilaksanakan selama sekitar 45 menit dan pembalap berlomba sepanjang jumlah putaran yang ditentukan, tanpa masuk pit untuk mengganti ban atau mengisi bahan bakar. Balapan akan diulang jika terjadi kecelakaan fatal di awal balapan. Susunan grid tidak berubah sesuai hasil kualifikasi. Pembalap boleh masuk pit jika hanya untuk mengganti motor karena hujan saat balapan.

Sumber : NN

Jadwal Balapan MotoGP 2011

Musim balapan tahun 2011 sudah dimulai, bagi anda yang belum mengetahui jadwal kualifikasi tersebut, silakan lihat di bawah ini.

Berikut jadwal balapan motoGp musim 2011:
 1. 20 Maset Losail * Qatar
 2. 03 April Jerez Spanyol
 3. 24 April Motegi Jepang
 4. 01 Mei Estoril Portugal
 5. 15 Mei Le Mans Perancis
 6. 05 Juni Catalunya Catalunya
 7. 12 Juni Silverstone Britania
 8. 25 Juni Assen ** Belanda
 9. 03 Juli Mugello Italia
10. 17 Juli Sachsenring Jerman
11. 24 Juli Lagunaseca *** USA
12. 14 Agustus Brno Rep Ceko
13. 28 Agustus Indianapolis Indianapolis
14. 04 September Misano San Marino
15. 18 September Motorland Aragon
16. 16 Oktober Phillip Island Australia
17. 23 Oktober Sepang Malaysia
18. 06 November Ricardo Tomo Valencia

Catatan :
*      : Balapan malam hari
**    : Balapan hari sabtu
***  : Hanya kelas MotoGp

Sumber : Google search

Rossi Ingin Mengulang Sukses Di Catalunya

Valentino Rossi menjadi satu-satunya rider yang bisa menang lebih dari sekali di sirkuit Catalunya sejak diadopsinya format MotoGP.

Semenjak era MotoGP menggantikan format 500cc tahun 2002 lalu, sudah sembilan kali Sirkuit Catalunya menggelar balapan. Dari jumlah tersebut, hanya Rossi yang mampu naik podium tertinggi lebih dari sekali.

Sudah lima kali Rossi--kini rider Ducati--menjuarai MotoGP Catalunya, di antaranya bahkan dengan tiga kali berturut-turut selama 2004-2006. Empat gelaran lain dimenangi pembalap berbeda yakni Loris Capirossi, Casey Stoner, Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo.

Dari sembilan gelaran di sirkuit sepanjang 4,7 km tersebut tercatat hanya dua kali pembalap peraih posisi pole sekaligus menjadi pemenang balapan. Ini terjadi pada tahun 2006 (Rossi) dan 2010 (Lorenzo).

Sementara dari situs resmi MotoGP, Casey Stoner tercatat memegang rekor fastest lap dengan 1 menit 41,186 detik pada tahun lalu, saat masih membalap untuk Ducati. Waktu tersebut ia torehkan dalam sesi kualifikasi, sehingga Stoner pun tercatat sebagai pembalap dengan pole terbaik di Catalunya.

Pada tahun yang sama, torehan waktu satu menit 42,358 detik dari Dani Pedrosa (Honda) dalam balapan membuatnya sampai kini masih duduk sebagai rider dengan rekor sirkuit terbaik.

Perihal top speed, belum ada yang bisa menandingi laju Alex Barros saat membela Honda pada tahun 2004 silam. Tatkala itu ia sempat melaju dengan kecepatan 339,4 km per jam.

Sumber : Detiksport